Pasar Murah dan Bantuan Hewan Kurban di Kecamatan Pandih Batu

Pemkab. Pulang Pisau – Wakil Gubernur (Wagub.) Kalteng, H. Edy Pratowo, beserta rombongan didampingi Pj. Bupati Pulang Pisau beserta jajarannya menggelar dan membuka pasar murah untuk komoditas beras dan minyak goreng sebanyak Seribu paket sekaligus menyerahkan bantuan hewan kurban sebanyak Dua ekor sapi secara simbolis untuk masyarakat di Desa Talio Muara Kecamatan Pandih Batu, bertempat di Halaman Mesjid Attaqwa Talio Muara, Kamis (13/06/2024).

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan lanjutan pasar murah yang sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Kahayan Kuala.

Pj. Bupati Pulang Pisau, pada kesempatan itu mengungkapkan, dengan adanya kegiatan pasar murah/ pasar penyeimbang yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten dalam rangka membantu masyarakat mengurangi beban pengeluaran serta juga untuk menekan inflasi daerah.

“Sekali lagi, kami atas Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau mengucapkan terima kasih banyak kepada Gubernur, Wakil Gubernur dan Pemerintah Provinsi Kalteng. telah memberikan perhatian dan memberikan bantuannya lainnya kepada kami di daerah, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau,” ungkap Pj. Bupati.

Sebelumnya, Wagub. Kalteng dalam sambutannya menyampaikan, kehadiran rombongan Pemerintah Provinsi Kalteng di Kecamatan Pandih Batu tersebut merupakan program Pemerintah Provinsi, yaitu kegiatan pasar murah, sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat setempat untuk memastikan harga kebutuhan pokok terutama menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M.

“Karena biasanya menjelang perayaan hari-hari besar keagamaan biasanya terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok, mengingat hal ini berkaitan dengan persoalan inflasi,” ucapnya.

Pasar murah menyalurkan sebanyak Seribu paket sembako yang terdiri dari Dua komoditas, yaitu beras Sepuluh Kilogram dan minyak goreng Satu liter dengan total harga Seratus Sembilan Puluh Dua Ribu Lima Ratus Rupiah per paket.

Pemerintah Provinsi Kalteng mensubsidi harga sebesar Seratus Tujuh Puluh Dua Ribu Lima Ratus Rupiah sehingga masyarakat cukup membayar sebesar Dua Puluh Ribu Rupiah dari harga normal senilai Seratus Sembilan Puluh Dua Ribu Lima Ratus Rupiah.

Namun, selanjutnya disubsidi lagi oleh Wagub. Kalteng sehingga masyarakat Desa Talio Muara bisa mendapatkannya secara gratis.

Wagub. mengatakan beras dan minyak goreng merupakan komoditas yang paling sering mengalami kenaikan harga dipasaran sehingga menjadi alasan utama untuk dilakukan subsidi. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan bahan kebutuhan pokok tersebut.

(Diskominfostandi. Kab. Pulang Pisau)